Kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan

399

Banyak sekali usaha perikanan dan usaha pengolahan hasil ikan yang ada di kabupaten banjar. Namun, apakah pelaku usaha tersebut sudah memiliki ijin P-IRT? Ijin P-IRT sangat penting untuk pengembangan usaha dalam hal memperluas akses pasar. Sebelum mendapat surat ijin P-IRT, pelaku usaha terlebih dahulu harus mengikuti Penyuluhan Keamanan Pangan. Karena, ijin P-IRT sangat penting untuk pelaku usaha pengolah masuk ke pasar modern.

Pelaksanaan Penyuluhan Keamanan  Pangan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang keamanan pangan dalam hal pengolahan hasil perikanan, membuka wawasan pelaku usaha pengolah hasil perikanan untuk memajukan usahanya, serta meningkatkan mutu produk yang dihasilkanya.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 12 November 2020 bertempat di Martapura, Dinas Perikanan Kabupaten Banjar.  Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 50 orang, pelaksanaan kegiatan terbagi menjadi 2 sesi, pagi dan siang. Peserta yang mengikuti penyuluhan ini terdiri dari pelaku usaha pengolahan hasil perikanan. Pada penyuluhan ini banyak materi yang diberikan guna membantu masyarakat dalam mendapatkan P-IRT, seperti penyampaian materi Kebijakan Pembangunan Perikanan Kabupaten Banjar, Pentingnya Perizinan P-IRT bagi Pengolah Hasil Perikanan, Bahan Tambahan Pangan Produk Olahan Ikan, Pentingnya Kemasan dan Sertifikasi Halal Produk Olahan Ikan, serta Cara Pengolahan Pangan yang Baik.

You might also like More from author