SOSIALISASI PERIKANAN TANGKAP

Pengembangan teknologi perikanan tidak selalu bertujuan dalam peningkatan produktivitas hasil tangkapan saja. Pengembangan teknologi alat penangkap ikan pun perlu lebih selektif untuk menjaga kelestarian sumberdaya perikanan dan agar pola penangkapan semakin memikirkan keberlanjutan.

Usaha perikanan tangkap adalah usaha yang mempunyai tingkat resiko tingkat tinggi baik dari segi finansial maupun tingkat kecelakaan kerja. Dalam upaya untuk memberikan perlindungan kepada nelayan melalui jasa asuransi, maka perlu diadakan sosialisasi program ini kepada para nelayan serta kerjasama dengan pihak-pihak terkait. Dengan demikian maka secara bertahap manfaat jasa asuransi akan dapat dirasakan sebagai suatu kebutuhan bagi para nelayan.

Kegiatan sosialisasi perikanan tangkap dilaksanakan pada Kamis, Tanggal 25 Juli 2019 bertempat di aula serbaguna Desa Keliling Benteng Ulu Kecamatan Martapura Barat. diikuti sebanyak 40 orang yakni para nelayan dan petugas teknis perikanan.

Adapun materi yang disampaikan berupa : Kebijakan Pembangunan Perikanan Kabupaten Banjar Oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banjar (H.M. Riza Dauly, ST, MT), Sarana Penangkap Ikan yang Ramah Lingkungan oleh Dosen Fakultas Perikanan Universitas Lambung Mangkurat (Dr. Erwin Rosadi, S.Pi, M.Si) dan Mekanisme dan Persyaratan Pembuatan Asuransi Nelayan dan Kartu Kusuka/Kartu Nelayan oleh Kabid Perikanan Tangkap (Siti Hadizah, SE, MM).

Tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi perikanan antara lain :

  1. Memberikan informasi dan pemahaman kepada nelayan tentang penggunaan sarana atau alat-alat tangkap yang ramah terhadap sumberdaya perikanan.
  2. Meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam penggunaan alat tangkap ramah lingkungan dan pelestarian lingkungan dari kerusakan sumberdaya alam demi meningkatkan perekonomian masyarakat.
  3. Memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat khususnya nelayan tentang manfaat dan tata cara pembuatan kartu nelayan/kusuka dan asuransi nelayan.

You might also like More from author