SOSIALISASI PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT IKAN (HPI)

Sambutan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banjar (H.M. Riza Dauly, ST, MT)

Dalam Rangka Meningkatkan Produksi Pada Sektor Perikanan Budidaya di Kabupaten Banjar, Dinas Perikanan Kabupaten Banjar Melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pengendalian Hama dan Penyakit ikan. Cara pembudidayaan ikan yang sehat yakni sehat lingkungan, sehat ikan, sehat proses produksi dan sehat usaha menjadi faktor penting untuk mendapatkan produk perikanan budidaya yang aman dikonsumsi. Untuk mewujudkan hal tersebut salah satu faktor pendukungnya adalah adanya pengendalian hama dan penyakit ikan.

Hama dan penyakit ikan sering dialami para pembudidaya ikan. namun banyak para pembudidaya yang masih belum paham apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. untuk itu, para pembudidaya perlu memahami bagaimana cara mengendalikan hama dan penyakit ikan pada ikan yang dibudidayakannya karena bagaimanapun upaya pencegahan lebih baik dari pada mengobati.

Bapak Bambang S.Pi, MP, menyampaikan materi Manajeman Budidaya Perikanan Pada Ikan Patin

Usaha budidaya ikan pada saat ini semakin banyak dihadapkan pada serangan hama penyakit ikan yang berdampak pada kegagalan panen yang dapat menurunkan produksi, kualitas, dan daya saing hasil perikanan budidaya. Salah satu upaya untuk meminimalisir permasalahan tersebut adalah dengan memberikan informasi dan pengetahuan pengendalian hama penyakit ikan melalui sosialisasi kepada pembudidaya ikan.     

Ibu Jamilah Hayati Menyampaikan materi Pengendalian Penyakit Ikan

Pada Hari Rabu, Tanggal 10 Juli 2019 bertempat  di Desa Sei. Batang Ilir Kecamatan Martapura Barat, Dinas Perikanan Kabupaten Banjar Bidang Perikanan Budidaya (Seksi Kesehatan Ikan dan Lingkungan) melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pengendalian Hama dan Penyakit Ikan.

Foto Bersama Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banjar

Kegiatan Sosialisasi Pengendalian Hama dan Penyakit ikan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banjar (H.M. Riza Dauly, ST, MT), dalam sambutannya disampaikan bahwa Kegiatan Sosialisasi Pengendalian Hama Penyakit Ikan (HPI) ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan kepada para pembudidaya tentang berbagai macam hama dan penyakit ikan, faktor penyebab, cara pencegahan serta bagaimana mengatasinya apabila ikan yang dibudidayakan terserang penyakit dan Penerapan tentang Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) agar nanti para pembudidaya dapat meminimalisir mortalitas ikan.

Adapun materi yang disampaikkan antara lain : “Manajeman Budidaya Perikanan Pada Ikan Patin” oleh Bapak Bambang S.Pi, MP, (Penyuluh Perikanan Kabupaten Banjar), “Pengendalian Penyakit Ikan” oleh Jamilah Hayati dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Mandiangin Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Sementara itu, dalam mengantisipasi penyakit dan permasalahan kesehatan ikan di Kabupaten Banjar, Dinas Perikanan Kabupaten Banjar memiliki Posikandu (Pos Perikanan Terpadu) dimana Posikandu sebagai media informasi tentang kesehatan ikan dengan fasilitas laboratorium pemeriksaan kualitas air dan sampel ikan yang bekerja sama dengan BPBAT Mandiangin.

You might also like More from author