BUDIDAYA IKAN PATIN DENGAN SISTEM MICRO BUBBLE (POKDAKAN BERKAH) DESA SUNGAI BATANG KEC. MARTAPURA BARAT KABUPATEN BANJAR KALIMANTAN SELATAN

Unit percontohan budidaya ikan patin dengan sistem micro bubble (pokdakan berkah) Desa Sungai Batang Kec. Martapura Barat Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan ini bersumber dari kegiatan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Banyuwangi, bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Banjar, Penyuluh Perikanan Kabupaten Banjar, Pelaku Usaha Perikanan dan Stakeholder Perikanan.

Adapun Susunan Acara yang terdiri dari : Sambutan sekaligus Meresmikan Unit Percontohan oleh Bupati Banjar, Sambutan sekaligus Membuka Kegiatan Bimbingan Teknis Perikanan oleh Kepala Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan, Serah Terima Unit Percontohan Budidaya Ikan Patin oleh Bupati Banjar kepada Pokdakan Berkah, Penyematan Tanda Peserta Bimbingan Teknis Budidaya dan Pengolahan Ikan Patin dan Serah Terima Sertifikat UMKM bagi Pelaku Usaha Perikanan oleh Kepala Badan Riset dan SDM Kelatan dan Perikanan, Launching buku Pelestarian Ikan Lokal Endemik Kalimantan Selatan oleh Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Banyuwangi, Serah Terima Tanaman dan Sarana Biosecurity Dalam Rangka Memperingati Hari Bumi oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banjar, Penandatangan MoU Fasilitasi Akses Pasar bagi Pelaku Usaha Perikanan oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banjar.

Pada kesempatan ini, Bupati Kabupaten Banjar, Kepala Badan Riset dan SDM KP, Kepala BPPP Banyuwangi, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banjar, Kelompok Berkah melaksanakan Penebaran Benih ikan patin (teknologi micro bubble), Panen Ikan Patin Hasil Pendederan, Kunjungan ke lokasi Budidaya, Penanaman Pohon dalam rangka Memperingati Hari Bumi.

Sektor perikanan merupakan salah satu sektor unggulan di Kabupaten Banjar yang memberi kontribusi kepada PDRB Kabupaten Banjar sebesar kurang lebih lima persen dan hingga tahun 2021 sektor perikanan diharapkan mampu menyumbang sebesar enam perseh terhadap PDRB Kabupaten Banjar. Terlebih Kabupaten Banjar terus mengembangkan budidaya ikan patin di kawasan minapolitan.

Kini Bupati Banjar, H Khalilurrahman melaunching Unit Percontohan Budidaya Ikan Patin dengan sistem micro bubble di Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar, Senin (21/4/2019) pagi.
Banyak keuntungan-keuntungan yang didapat pembudidaya ikan patin dengan menggunakan sistem micro bubble ini, diantaranya kualitas ikan akan jadi lebih baik dan benih ikan bisa ditingkatkan empat kali lipat.

Selain melaunching sistem micro bubble itu, Bupati Banjar, H Khalilurrahman juga melaunching enam buku tentang Pelestarian Ikan Lokal Endemik Kalsel, penanaman pohon lokal Kalimantan serta penandatanganan MoU Fasilitasi Akses Pasar antara pelaku usaha perikanan dengan stakeholder perikanan.

Selanjutnya Bupati Banjar, H Khalilurrahman juga membuka Bimtek Peningkatan Keterampilan Masyarakat dibidang Budidaya Ikan dan Pengolahan yang diikuti sebanyak 200 orang.

Dalam sambutannya Bupati Banjar, H Khalilurrahman mengatakan, menjadi sebuah tantangan dan peluang bagi usaha budidaya ikan air tawar, khususnya patin, diprediksi akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan ikan patin dunia, dan tingkat konsumsi ikan di kalangan masyarakat semakin meningkat.
Hal tersebut terbukti dengan adanya warung-warung makan maupun restoran yang menyajikan menu masakan ikan terutama patin. Menu ikan patin ini semakin banyak diminati oleh masyarakat, karena selain rasanya yang enak, bergizi tinggi, juga harganya yang terjangkau.

Namun pada kenyataannya, untuk memenuhi kebutuhan benih ikan patin di Kabupaten Banjar ini, sebagian harus didatangkan benih ikan patin dari luar daerah. Inilah yang menjadi tantangan dan peluang yang perlu disikapi oleh kita bersama dan masyarakat Kabupaten Banjar untuk berbudidaya ikan patin, baik pembesaran maupun pembenihan ikan. (Mcbanjar.edit)

You might also like More from author