PELATIHAN PERIKANAN TANGKAP

Sekretaris Dinas Perikanan Memberikan Sambutan Pelatihan Perikanan Tangkap

Kegiatan pelatihan perikanan tangkap adalah sebagai salah satu kegiatan Dinas Perikanan Kabupaten Banjar yang bertujuan antara lain :

  1. Meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan kepada nelayan dan petugas teknis tentang alat bantu penangkapan ikan.
  2. memberikan pengetahuan tentang manfaat dan cara penggunaan alat bantu penangkapan ikan.
  3. Memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat khususnya nelayan tentang penggunaan alat-alat tangkap yang ramah terhadap sumberdaya perikanan.
  4. Meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam penggunaan alat tangkap ramah lingkungan dan pelestarian lingkungan dari kerusakan sumber daya alam demi meningkatkan perekonomian masyarakat.
  5. Diharapkan masyarakat nelayan memiliki pengetahuan yang baru tentang berbagai ilmu serta teknologi perikanan dan kelautan, Perundang-undangan Perikanan dan pelestarian lingkungan serta memiliki sikap yang progresif dalam mempertahankan sumber daya alam dari kerusakan akibat perbuatan masyarakat itu sendiri.
  6. Sebagai sumber data untuk tindak lanjut pembinaan terhadap nelayan dan pelaku usaha perikanan.
  7. Untuk membantu nelayan meningkatkan kesejahteraannya, memajukan kelompok nelayan/KUB dan diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan produksi  penangkapan ikan.
Foto Bersama Panitia Pelatihan dengan para peserta kegiatan Perikanan Tangkap

Dengan adanya kegiatan pelatihan perikanan tangkap ini diharapkan masyarakat mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepada nelayan sehingga diharapkan untuk hasil produksi tangkap bisa meningkat dan dapat menambah perekonomian para nelayan.

Kegiatan pelatihan perikanan tangkap dilaksanakan selama 2 (dua) hari, bertempat di Aula Dinas Perikanan Kabupaten Banjar dan di Kecamatan Aluh-aluh dengan materi teori dan praktek antara lain :

  • Pemberian pemahaman tentang alat tangkap yang ramah lingkungan
  • Perijinan Kapal (Bukti Pencatatan Kapal Perikanan/BPKP)
penyampaian materi oleh Kabid Perikanan Tangkap

Kegiatan ini diikuti sebanyak 40 orang peserta dari nelayan di Kecamatan Aluh-aluh sebagai penerima bantuan alat tangkap dan alat bantu penangkapan ikan.

You might also like More from author