Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN)

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau yang dikenal dengan GEMARIKAN bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan sehingga tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas.

Dinas Perikanan Kabupaten Banjar pada umumnya menyelenggarakan suatu kegiatan GEMARIKAN dari olahan hasil perikanan, yang tertuang dalam program optimalisasi pengelolaan dan pemasaran produksi perikanan di kabupaten banjar dengan menyelenggarakan dalam kegiatan rutin dari tahun ketahun untuk mengkampanyekan makan ikan sehingga masyarakat dan anak terpenuhi gizinya aman dan baik dikonsumsi.

Dinas Perikanan di Kabupaten Banjar saat ini terus mensosialisasikan secara berkesinambungan setiap tahunnya untuk melaksanakan kegiatan tersebut dengan harapan dapat mengkampayekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) sebagaimana pentingnya dan manfaat dari ikan itu sendiri.

Dalam kegiatan GEMARIKAN ini disosialisasikan bahwa ikan merupakan sumber makanan bergizi tinggi dan mengandung Omega-3 zat  pencerdas otak selain itu mengandung protein, vitamin, mineral, serta memiliki kandungan kolesterol rendah.

Bagian- bagian tubuh ikan tersebut semuanya bermanfaat seperti :

  1. Kepala dan mata ikan mengandung Polysacharida bermanfaat dalam mengontrol sirkulasi darah.
  2. Tulang/Duri mengandung kalsium dan kolagen, bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi.
  3. Isi perut/lemak mengandung lemak omega-3 yang bermanfaat untuk mencegah penyempitan pembuluh darah dan dapat menurunkan kolesterol.
  4. Kulit mengandung vitamin A dan B2 yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh.
  5. Minyak ikan mengandung DHA (Docahexaenoic Acid) yang bermanfaat untuk pertumbuhan retina mata.
  6. Daging mengandung protein berkualitas tinggi yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan ketahanan tubuh.

Gemarikan dapat dimulai dari keluarga dimana anak-anak sekarang lebih suka makan makanan cepat saji berbahan dasar non ikan  banyak tersedia di pasaran. Oleh karena itu untuk mensiasati hal tersebut yaitu dengan mengubah bentuk masakan ikan menjadi bentuk lain seperti bakso ikan, nugget ikan, sosis ikan dan lainnya.

Dari kegiatan yang dilaksanakan guna menciptakan pola hidup dan menggerakan masyarakat cinta ikan dengan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan di Kabupaten Banjar, baik dikalangan pemerintah, swasta maupun masyarakat didaerah diharapkan dapat mendorong terciptanya promosi produk olahan perikanan yang memenuhi syarat baik dan aman di konsumsi, dengan GEMARIKAN salah satu tombak untuk mengubah pola pikir dan perilaku yang diharapkan pemerintah daerah khususnya Dinas Perikanan Kabupaten Banjar untuk memberikan dan mengenalkan tentang diversifikasi produk olahan ikan.

 

You might also like More from author