Bimtek Diversifikasi Produk Olahan Hasil Perikanan

Kepala Dinas Perikanan Membuka Acara Bimtek Diversifikasi Produk Olahan Hasil Perikanan

Berhasilnya pembangunan perikanan akan tercapai apabila kegiatan produksi usaha ditunjang dengan keberhasilan kegiatan pengolahan hasil perikanan dan kegiatan pemasaran, salah satu usaha untuk meningkatkan nilai dan mengoptimalkan pemanfaatan produksi hasil  perikanan adalah dengan pengembangan produk bernilai tambah, baik olahan tradisional maupun modern. Namun produk bernilai tambah yang diproduksi di Indonesia masih dari ikan ekonomis, sehingga memiliki nilai jual meski tanpa dilakukan proses lanjutan, melalui teknologi produk perikanan (pengembangan produk olahan perikanan).

Agar lebih bisa diterima oleh masyarakat dan sesuai dengan selera pasar dalam rangka memenuhi kebutuhan gizi masyarakat, aman, sehat melalui asupan gizi/vitamin/protein dari produk hasil perikanan dan ketahanan pangan. Dalam rangka kegiatan Bimbingan Teknis Diversifikasi Produk Olahan Hasil Perikanan di Kabupaten Banjar dapat  menghasilkan produk hasil olahan  perikanan yang bermutu, bergizi dan digemari dan produk  yang dikonsumsi bagi masyarakat haruslah aman dari bahan-bahan berbahaya, baik bahaya kimia, bahaya biologis, maupun bahaya fisik.

Praktek Pembuatan Biskuit Ikan

Bimbingan Teknis Diversifikasi Produk Olahan Hasil Perikanan, dilaksanakan pada Hari Kamis Tanggal 18 Juli 2019 bertempat di Aula Dinas Perikanan Kabupaten Banjar. Kegiatan Bimbingan Teknis Diversifikasi Produk Olahan Hasil Perikanan diikuti oleh 25 orang pengolah dan pemasar hasil perikanan dan acara tersebut dibuka langsung Oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banjar (H.M. Riza Dauly, ST, MT). Selanjutnya dilaksanakan praktek pengolahan hasil perikanan berupa “Biskuit Ikan” yang disampaikan oleh Narasumber dari UPTD Dinas Kelautan dan Perikanan yakni Balai Pengujian dan Penerapan Mutu Hasil Perikanan (BPMHP) Propinsi Kalimantan Selatan.

Praktek Pembuatan Biskuit Ikan

Salah satu tujuan dari Bimbingan Teknis Diversifikasi Produk Olahan Hasil Perikanan agar pelaku usaha mendapatkan produk olahan perikanan yang berkreasi, berinovasi serta berkelanjutan dalam rangka memberikan motivasi bagi pelaku usaha perikanan sebagai nilai tambah dalam meningkatkan perekonomian, meningkat produksi dan kesejahteraan di Kabupaten Banjar.

You might also like More from author